PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN ODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTO BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 5 SATAP SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO


Wuri Andarwanti, 2101411137 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN ODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTO BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 5 SATAP SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411137-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Keterampilan menulis teks berita bertujuan untuk meningkatkan aspek komunikatif dan produktif. Peningkatan keterampilan menulis teks berita perlu ditingkatkan dengan menggunakan model belajar dan media pembelajaran yang tepat. Model dan media pembelajaran bukan hanya dapat mengondisikan suasana belajar di dalam kelas, melainkan dapat membat pembelajaran lebih bermakna serta berhubungan langsung dengan kegiatan menulis teks berita. Salah satu model yang tepat dalam pembelajaran menulis teks berita adalah model Problem Based Learning dengan penggunaan media foto berseri. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media foto berseri, serta bagaimana perubahan perilaku Peserta Didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media foto berseri dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media foto berseri, serta bagaimana perubahan perilaku Peserta Didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media foto berseri dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita Peserta Didik kelas VIII SMP N 5 Satap Sukoharjo Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini terbagi atas tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes, pengamatan, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif menunjukan hasil tes menulis teks berita, sedangkan data kualitatif menunjukkan proses dan perubahan perilaku peserta didik. Hasil observasi proses pembelajaran peserta didik siklus I termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 70,0% dan pada siklus II termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,3%. Nilai rata-rata kelas keterampilan Peserta Didik pada tahap prasiklus adalah 51,56, sedangkan pada siklus I adalah sebesar 78,61, serta pada siklus II mencapai 83. Hal ini menunjukan peningkatan dari tahap prasiklus ke siklus II mencapai 31,44%. Perilaku Peserta Didik mengalami perubahan setelah diberi tindakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media foto berseri. Pada siklus I masih sikap tanggung awab, kerja keras, toleransi, percaya diri, demokratis dan peduli lingkungan sosial belum terlihat. Pada siklus II perilaku tersebut sudah tercermin dalam perilaku peserta didik. Saran peneliti, bagi guru hendaknya memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media foto berseri sebagai salah satu model pembelajaran dikelas. Bagi Peserta Didik hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media foto berseri dalam pembelajaran menulis teks berita. Bagi pihak sekolah atau lembaga hendaknya memanfaatkan hasil penelitian sebagai bahan pertimbangan pemikiran dalam rangka perbaikan kualitas pembelajaran dan kualitas sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis berita, model Problem Based Learning, media foto berseri
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 20:25
Last Modified: 09 Nov 2015 20:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20232

Actions (login required)

View Item View Item