PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 19 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Siska Ulfa Noviani, 2101411133 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 19 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal masih tergolong rendah karena belum semua peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Permasalahan yang menyebabkan rendahnya keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis peserta didik di antaranya: kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterbatasan pengetahuan, ide, dan gagasan dalam menyusun teks eksplanasi, peserta didik kurang memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi, peserta didik kesulitan dalam mengembangkan kalimat, yakni menjabarkan kalimat utama menjadi kalimat penjelas, dan peserta didik kurang memperhatikan tanda baca dan kepaduan paragraf. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi secara tertulis, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2014/2015?; (2) bagaimana perubahan perilaku religius peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2014/2015 dalam mengikuti pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)?; (3) bagaimana perubahan perilaku sosial peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2014/2015 dalam mengikuti pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)?; (4) bagaimana peningkatan pengetahuan memahami teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2014/2015?; dan (5) bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes berupa menyusun teks eksplanasi secara tertulis, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Pada proses pembelajaran keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis, guru juga melakukan perbaikan dari siklus ke siklus untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari rerata persentase 78,12% menjadi 89, 29% atau mengalami peningkatan sebesar 11,17%; (2) adanya perubahan perilaku ke arah positif, baik perilaku religius maupun perilaku sosial (kreatif, tanggung jawab, dan santun) dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai perilaku sebesar 0,48 atau meningkat 12% dari nilai rata-rata klasikal gabungan dari nilai perilaku religius dan nilai perilaku sosial yang diperoleh peserta didik pada siklus I sebesar 3,19 dengan predikat baik/mulai berkembang menjadi 3,67 dengan predikat sangat baik/membudaya pada siklus II; (3) adanya peningkatan pengetahuan peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 10,15, yaitu dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 77,25 dalam kategori baik atau nilai konversi 3,09 dengan predikat B menjadi 87,40 dalam kategori sangat baik atau nilai konversi 3,49 dengan predikat B+; dan (4) adanya peningkatan nilai keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 11,16, yaitu dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,03 dalam kategori cukup atau nilai konversi 2,92 dengan predikat B- menjadi 84,19 dalam kategori baik atau nilai konversi 3,37 dengan predikat B+. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) apabila kondisi kelas memungkinkan dan peserta didik sama dengan penelitian ini sehingga dapat meningkatkan keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis yang dimiliki oleh peserta didik serta dapat mengubah perilaku religius dan perilaku sosial peserta didik ke arah yang lebih baik. Bagi peneliti hendaknya melakukan penelitian lanjutan terkait keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis menggunakan model, metode, teknik atau media pembelajaran lain yang lebih variatif, kreatif, dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis, model pembelajaran berbasis masalah. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | sumarsono mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 19:54 |
Last Modified: | 09 Nov 2015 20:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20230 |
Actions (login required)
View Item |