IMPLEMENTASI PROGRAM BALAI PELAYANAN SOSIAL PADA ANAK PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DI PANTI WORO WILOSO SALATIGA


Tursina Intan Musfiroh, 1201411074 (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM BALAI PELAYANAN SOSIAL PADA ANAK PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DI PANTI WORO WILOSO SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411074-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Apa saja perencanaan program yang diselenggarakan di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Woro Wiloso Salatiga; (2) Bagaimana pelaksanaan program di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Woro Wiloso Salatiga; (3) Apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi program di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Woro Wiloso Salatiga. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program di Balai PelayananSosial Asuhan AnakWoroWiloso Salatiga; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Woro Wiloso Salatiga; (3) Untuk mendeskripsikan kendala dalam implementasi program di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Woro Wiloso Salatiga. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Woro Wiloso Salatiga. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dandokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang, yang terdiri dari kepala balai, kasi bimsos, dan bimsos. Informan penelitian berjumlah 4 anak asuh. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik penganalisaan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menanyakan: (1) perencanaan program terstruktur dimulai dari dasar pelaksanaan program, tujuan program, sasaran program, alokasi waktu program, sarana prasarana program, dan sumber dana program serta Proses penerimaan anak asuh dilaksanakan dengan syarat-syarat dan proses seleksi; (2) pelaksanaan program yang secara keseluruhan berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan; (3) kendala utama yang dihadapi adalah karakteristik dan sifat negatif anak asuh sebelum tinggal di balai woro wiloso. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) kegiatan yang ada, perlu dipantai tingkat keterlaksanaannya, serta melakukan penguatan positif agar tingkat pelanggaran dapat diminimalisir; (2) perlu upaya penerapan tata tertib yang sesuai dengan latar belakang anak asuh, tanpa meninggalkan aspek disiplin yang sesuai dengan tujuan tata tertib yang ada di balai woro wiloso; (3) perlu dicarikan cara-cara yang efektif untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi program, pendidikan formal, nonformal, informal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2015 18:03
Last Modified: 09 Nov 2015 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item View Item