EVALUASI PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (Studi Proses PPL Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Unnes Angkatan 2011)


Danang Adhi Saputro, 1102411066 (2015) EVALUASI PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (Studi Proses PPL Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Unnes Angkatan 2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411066-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Evaluasi Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran di Sekolah (studi proses PPL pada mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Unnes angkatan 2011). Latar belakang ini adalah ketidaksiapan baik dari personal, sarana prasarana, serta belum optimalnya pelaksanaan pengembang teknologi pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa PPL pengembang teknologi pembelajaran jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes angkatan 2011 dengan jumlah responden 23 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisoner/angket sebanyak 30 butir yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan realibilitas instrumen angket tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran di sekolah adalah sebagai berikut: persentase evaluasi terhadap perencanaan pelaksanaan jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran menunjukan hasil yang baik dengan rata-rata 78,44%, persentase evaluasi pelaksanaan jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran menunjukan hasil yang cukup baik dengan rata-rata 67,24%, dan persentase terhadap hasil pelaksanaan jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran menunjukan hasil yang cukup baik dengan rata-rata 73,55%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran di sekolah tergolong cukup baik dengan rata-rata persentase 73,08%. Sebagai bahan perbaikan dalam pelaksanaan jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran di sekolah selanjutnya, direkomendasikan sebaiknya mahasiswa mengkaji ulang atau mengevaluasi terhadap program yang sudah dijalankan, sekolah tujuan diberi pemahaman tentang tugas pengembang teknologi pembelajaran secara rinci.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran, PPL pengembang teknologi pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2015 12:19
Last Modified: 09 Nov 2015 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20225

Actions (login required)

View Item View Item