HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 REMBANG

ARYA DIMAS SUSILA , 51014019026 (2014) HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3668Kb)

    Abstract

    Dalam dunia pendidikanharus ada minimal 6 komponen pendidikan yang saling terkait guna mencapai tujuan pendidikan nasional, diantaranya yaitu: 1) tujuan pendidikan; 2) peserta didik; 3) orang tua; 4) guru/pendidik; 5) isi pendidikan; 6) lingkungan pendidikan. Dewasa ini, keberadaan fasilitas yang baik di tiap-tiap sekolah seringkali terabaikan oleh pihak yang bertanggung jawab di sekolah tersebut ataupun oleh pihak pemerintah. Minimnya fasilitas belajar yang diperoleh siswa dalam menunjang proses pembelajaran akan berdampak pada motivasi belajar siswa yang rendah. Hal tersebut merupakan faktor penghambat utama bagi siswa dalam meningkatkan hasil belajar dan akan sangat menghambat pada proses pembelajaran. Apabila proses pembelajaran terhambat, maka tujuan dari pembelajaran juga tidak akan tercapai secara optimal, dan akan berdampak pada kualitas lembaga sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kontribusi kelengkapan belajar, motivasi belajar siswa, hubungan antara kelengkapan fasilitas belajar siswa dengan motivasi belajar menggambar teknik siswa jurusan teknik gambar bangunan SMK N 1 Rembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kelengkapan fasilitas belajar siswa dengan motivasi belajar menggambar teknik siswa jurusan teknik gambar bangunan di SMK N 1 Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksplanatori. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu fasilitas belajar, dan variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Rembang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X jurusan Menggambar Teknik Tahun ajaran 2012/2013 yang diambil sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 74 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi kelengkapan fasilitas belajar terhadap siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan tergolong kategori sedang dengan perolehan skor rata-rata sebesar 285,77. Sedangkan kontribusi motivasi belajar siswa tergolong kategori tinggi dengan perolehan skor rata-rata sebesar 150,42. Hubungan kelengkapan fasilitas belajar dengan motivasi belajar siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan menempati kategori rendah dengan besar koefisien korelasi rxy = 0,393. Dapat disimpulkan bahwa, ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan motivasi belajar siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan SMK N 1 Rembang sebesar 15,45%, sedangkan sisanya 84,55% dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan merupakan objek kajian dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kelengkapan Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Siswa
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TH Building construction
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 20 Apr 2015 08:25
    Last Modified: 24 Apr 2015 17:51

    Actions (login required)

    View Item