EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (SKETCHUP) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR ATAP KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2013/2014


Auliya Rahman , 5101409021 (2014) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (SKETCHUP) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR ATAP KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101409021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

dengan metode konvensional (ceramah) pada mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan, tetapi seiring berjalannya waktu metode tersebut kurang menarik. Hal ini menjadikan hasil belajar siswa kurang begitu baik, maka diperlukan suatu media pembelajaran baru yang dapat menarik perhatian dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Media pembelajaran tersebut yaitu dengan menggunakan progam SketchUp. SketchUp merupakan program desain grafis yang dapat menampilkan gambar 3D yang cukup baik untuk media presentasi pembelajaran, sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien, hasil gambar menarik sehingga dengan menggunakan SketchUp siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Dalam pembelajaran Menggambar Atap, progam SketchUp dapat menyajikan model 3D untuk kompetensi dasar menggambar sambungan kuda-kuda. Permasalahan yang ingin penulis kaji adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Menggambar Atap pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Rembang dengan menggunakan media pembelajaran visual SketchUp?”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen dimana subjek pada penelitan ini adalah siswa kelas XI TGB A (Kelas Kontrol) dan XI TGB B (Kelas Eksperimen). Hasil Penelitian meliputi nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas kontrol dan eksperimen. Nilai rata-rata pre test kelas kontrol 61,16 dan pada kelas ekperimen 59,24. Sedangkan nilai rata-rata post test kelas kontrol 72,14 dan pada kelas eksperimen 82, 68. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) nilai post test di dapat nilai thitung sebesar 7,23. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai ttabel sebesar 1,67. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai post test kelas ekperimen lebih baik dari pada nilai post test kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,28 (28%) kriteria rendah dan pada kelas ekperimen sebesar 0,58 kriteria sedang. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas media pembelajaran visual tiga dimensi (SketchUp) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Rembang. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,58 atau (58%) termasuk criteria sedang, dan hasil belajar pada kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 0,28 atau (28%) termasuk kriteria rendah. Kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan media pembelajaran visual tiga dimensi (SketchUp) mendapatkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu sebesar 0,29 atau (29%) daripada kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan dengan metode yang biasa dilakukan yaitu metode ceramah (konvensional). Berdasarkan hasil tersebut penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi SketchUp lebih efektif daripada metode ceramah (konvensional). Sehingga media pembelajaran visual tiga dimensi (SketchUp) dapat diterapkan pada mata pelajaran yang mempunyai struktur pemahaman yang cenderung sama sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas media pembelajaran visual sketchUp, hasil belajar siswa, menggambar atap.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2015 12:22
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20199

Actions (login required)

View Item View Item