PEMANFAATAN MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON TERHADAP KOMPETENSI DASAR MENYUSUN HARGA SATUAN PEKERJAAN MATA PELAJARAN RAB DI SMK N 2 PURWODADI TAHUN AJARAN 2013/2014

Guruh Purbo Yuwono , 5101409019 (2014) PEMANFAATAN MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON TERHADAP KOMPETENSI DASAR MENYUSUN HARGA SATUAN PEKERJAAN MATA PELAJARAN RAB DI SMK N 2 PURWODADI TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi kompetensi menyusun harga satuan pekerjaan RAB yang dikenai pembelajaran ceramah plus demonstrasi dan latihan ( CPDL ), untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi kompetensi dasar menyusun harga satuan pekerjaan RAB yang menggunakan pembelajaran ceramah plus demonstrasi dan latihan ( CPDL ) ditambah dengan media power point, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar materi kompetensi dasar menyusun harga satuan pekerjaan RAB antara kelompok peserta didik yang menggunakan pembelajaran ceramah plus demonstrasi dan latihan ( CPDL ) ditambah dengan media power point dibandingkan dengan kelompok yang dikenai pembelajaran ceramah plus demonstrasi dan latihan ( CPDL ) pada kompetensi dasar menyusun harga satuan pekerjaan RAB. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Purwodadi tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari dua kelas. Kelas TKBB 1 berjumlah 34 siswa, kelas TKBB 2 berjumlah 34 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKBB 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKBB 2 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi dasar menyusun harga satuan pekerjaan mata pelajaran RAB. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode test dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan pendekatan pre-test dan post-test design, uji normalitas, uji homogenitas varians dan analisis t-test (uji t). Prestasi Belajar Siswa pada Siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton terhadap kompetensi menyusun harga satuan pekerjaan mata pelajaran RAB di SMK N 2 Purwodadi. Diketahui bahwa nilai rata-rata pre test pada kelompok eksperimen sebesar 47,82dan hasil post test sebesar 80,06. Sedangkan hasil pre test pada kelompok kontrol sebesar 48,00 hasil post test sebesar 74,94.Sedangkan pada hasil post test tingkat ketuntasan kelompok eksperimen sebesar 94,22% sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 91,18%. Dari hasil tersebut diperoleh gambaran bahwa tingkat ketuntasan belajar secara klasikal untuk kelompok eksperimen telah memenuhi tingkat ketuntasan belajar klasikal karena sudah lebih besar dari 75% sedangkan pada kelompok kontrol jumlah ketuntasan klasikal sebesar 91,18% sudah memenuhi persyaratan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 75%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: menyusun harga satuan pekerjaan, pemanfaatan media power point
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TH Building construction
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 17 Apr 2015 09:41
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:26

    Actions (login required)

    View Item