MINAT PENGUNJUNG TERHADAP MENARA ALHUSNA DAN PAYUNG HIDROLIK-ELEKTRIK PADA MASJID AGUNG JAWA TENGAH

Anugrah Wibisono , 5101409017 (2014) MINAT PENGUNJUNG TERHADAP MENARA ALHUSNA DAN PAYUNG HIDROLIK-ELEKTRIK PADA MASJID AGUNG JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan tempat beribadah Umat Islam. Kedatangan pengunjung pada Masjid Agung Jawa Tengah dengan berbagai tujuan, tidak hanya untuk beribadah. Banyaknya daya tarik yang dimunculkan pada bangunan masjid itu sendiri maupun pada bangunan pendukung dari masjid tersebut. Berdasarkan hal tersebut, banyak sekali pengunjung yang berdatangan dari lain kota. Permasalahan yang dikaji adalah minat pengunjung terhadap Menara Al-Husna dan Payung Hidrolik-Elektrik pada Masjid Agung Jawa Tengah dan seberapa besar minat pengunjung terhadap Menara Al-Husna dan Payung Hidrolik-Elektrik pada Masjid Agung Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa minat pengunjung Menara Al-Husna dan Payung Hidrolik-Elektrik pada Masjid Agung Jawa Tengah terhadap minat pengunjung. Penelitian ini menggunakan analisis data yang didasarkan untuk mengetahui keadaan sesuatu yang bersifat kualitatif dengan penafsiran persentase data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung Masjid Agung Jawa Tengah. Dalam penelitian ini jumlah pengunjung MAJT adalah 799 orang, dan dapat diambil sampel sebagai parameter perkiraan sebesar 10% artinya besar sampel dalam penelitian ini ditetapkan berjumlah 80 orang pengunjung masjid. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner). Pengukuran dalam angket digunakan skala likert. Instrumen tersebut setelah diuji tingkat validitas dan realibilitas sehingga instrumen dapat dikatakan memenuhi syarat untuk alat pengambilan data penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis persentase skor. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menyatakan bahwa ada minat pengunjung terhadap Menara Al-Husna dan Payung Hidrolik-Elektrik. Hal tersebut dilihat dari teori menurut Catanese (dalam Pontoh, 1992:32 ), yang mencangkup aspek estetika, kejamakan, keluarbiasaan, peran sejarah, dan landmark. Besar minat pengunjung terhadap Menara Al-Husna dan Payung Hidrolik-Elektrik menghasilkan presentase rata-rata 70% yang menyatakan masuk dalam kriteria setuju. Nilai persentase rata-rata sebanyak 70% tersebut didapat pada Menara Al-Husna (69%) masuk kriteria setuju dan pada Payung Hidrolik-Elektrik (71%) masuk kriteria setuju. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan bahwa minat pengunjung terhadap Menara Al-Husna dan Payung Hidrolik-Elektrik terlihat kemenarikan dari aspek estetika, kejamakan, keluarbiasaan,peran sejarah dan landmark. Dari aspek tersebut memberikan sebuah daya tarik yang diberikan dari Masjid Agung Jawa Tengah kepada pengunjung. Kaitannya dengan Masjid Agung Jawa Tengah sebagai objek pariwisata, Masjid Agung Jawa Tengah memiliiki sebuah citra wisata yang berbeda dari yang tempat lain sehingga menimbulkan minat pada pengunjung untuk mendatangi Masjid Agung Jawa Tengah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Menara Al-Husna, Payung Hidrolik-Elektrik, minat
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    N Fine Arts > NA Architecture
    T Technology > TH Building construction
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 17 Apr 2015 09:22
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:26

    Actions (login required)

    View Item