KAJIAN PENCAHAYAAN ALAMI RUANG KELAS DITINJAU DARI ASPEK KENYAMANAN VISUAL (Studi Kasus Ruang Kelas SMK Negeri 3 Semarang)


Ibnu Kunaefi , 5101409012 (2014) KAJIAN PENCAHAYAAN ALAMI RUANG KELAS DITINJAU DARI ASPEK KENYAMANAN VISUAL (Studi Kasus Ruang Kelas SMK Negeri 3 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101409012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruang kelas sebagai salah satu prasarana sekolah harus memiliki kenyamanan visual bagi siswa. Kenyamanan visual berkaitan dengan intensitas pencahayaan dimana tiap ruangan memiliki standar minimal yang berbeda. Intensitas pencahayaan dipengaruhi kondisi bangunan. Intensitas pencahayaan ruang didapatkan dari pencahayan bangunan. Ruang kelas sebagai bangunan negara harus menggunakan pencahayaan alami sebagai pencahayaan ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan cahaya alami sebagai pencahayaan ruang kelas berdasarkan kondisi bangunan yang ada. Penelitian dilakukan berdasarkan kondisi yang terjadi di SMK N 3 Semarang dimana terdapat lorong antar bangunan. Penelitian dilakukan dengan mengukur intensitas pencahayaan alami dengan menggunakan luxmeter. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif murni atau survey dengan analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitaitf. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan lorong antar bangunan mempengaruhi pencahayaan alami ruang kelas. Pada salah satu bangunan, pencahayaan alami yang masuk sudah cukup untuk mememenuhi standar minimal kenyamanan visual ruang kelas namun belum terdistribusikan dengan baik ke seluruh ruangan. Sementara pada bangunan lainnnya masih jauh dari kenyamanan visual ruang kelas. Hal ini dikarenakan selain adanya lorong, faktor kondisi bangunan juga mempengaruhi pencahayaan alami ruang kelas. Saran yang diajukan yaitu (1) memasukkan sinar matahari pada lorong antar bangunan (2) memperbesar luas bukaan cahaya (3) menggunakan Shading systems primary using direct sunlight dan (4) menggunakan light transport.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pencahayaan alami, intensitas pencahayaan, kenyamanan visual
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2015 13:17
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20195

Actions (login required)

View Item View Item