PENINGKATAN INTENSITAS WARNA KUNING TELUR DAN KADAR OMEGA-3 PADA BURUNG PUYUH YANG DIBERI PAKAN UNDUR-UNDUR LAUT (Emerita sp)


Yulia Astriana , 4450408032 (2013) PENINGKATAN INTENSITAS WARNA KUNING TELUR DAN KADAR OMEGA-3 PADA BURUNG PUYUH YANG DIBERI PAKAN UNDUR-UNDUR LAUT (Emerita sp). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4450408032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Telur merupakan bahan makanan yang bergizi dan disukai masyarakat, namun mengandung faktor pembatas yang dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan yaitu kolesterol. Diharapkan suplementasi asam lemak yang berasal dari organisme laut (undur-undur laut) mampu meningkatkan intensitas warna kuning telur dan keberadaan omega-3 pada telur burung puyuh. Tujuan penelitian adalah mengkaji peningkatan intensitas warna kuning telur dan adanya omega-3 pada burung puyuh yang diberi pakan undur-undur laut (Emerita sp). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Sampel yang digunakan yaitu 60 ekor burung puyuh betina berusia 45 hari yang di bagi menjadi 4 kelompok perlakuan pakan yaitu penambahan 0%, 10%, 20% dan 30% tepung undur-undur laut. Perlakuan diberikan selama 15 hari. Pengambilan data asam lemak omega-3 dan intensitas warna kuning telur puyuh dilakukan pada hari ke-15. Data kadar asam lemak omega-3 dianalisis secara deskriptif sedangkan, data intensitas warna kuning telur puyuh dianalisis dengan ANAVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil ANAVA satu arah menunjukan bahwa pemberian tepung undurundur laut berpengaruh signifikan terhadap perubahan intensitas warna kuning telur puyuh (p<0,05). Hasil uji BNT diketahui bahwa terjadi perbedaan yang nyata pada kelompok R0 dengan R3 dan R1 dengan R3. Sedangkan kadar omega-3 yang terdeteksi hanya pada kelompok R3 (linolenat) sebesar 0,17%.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian undur-undur laut dalam pakan yang terdeteksi hanya pada kelompok R3 (linolenat) sebesar 0,17% dan mampu meningkatkan intensitas warna kuning telur burung puyuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Burung Puyuh, Omega-3, Undur-undur Laut (Emerita sp)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2015 13:06
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20193

Actions (login required)

View Item View Item