PENGARUH DOSIS INFUSA BANGLE (Zingiber cassumunar Roxb) PADA PROSES PERENDAMAN IKAN BANDENG (Chanos chanos) TERHADAP JUMLAH BAKTERI Escherichia coli


Fitria Ayu Tirtaningrum , 4450408026 (2013) PENGARUH DOSIS INFUSA BANGLE (Zingiber cassumunar Roxb) PADA PROSES PERENDAMAN IKAN BANDENG (Chanos chanos) TERHADAP JUMLAH BAKTERI Escherichia coli. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4450408026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (925kB) | Preview

Abstract

Faktor utama yang berperan dalam pembusukan ikan adalah kandungan kadar air yang tinggi, proses degradasi protein dan tingginya jumlah bakteri yang terkandung di dalam ikan. Proses pembusukan ikan dapat dihambat dengan menekan perkembangan mikroba–mikroba pembusuk, salah satu alternatif bahan pengawet alami pada ikan adalah bangle (Zingiber Cassumunar Roxb), karena bangle memiliki kandungan senyawa aktif flavonoid sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh berbagai dosis infusa bangle pada proses perendaman ikan bandeng terhadap jumlah bakteri Escherichia coli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan, yaitu perlakuan perendaman tanpa infusa bangle, perlakuan perendaman dengan infusa bangle konsentrasi 12,5%, 15%, 17,5%, 20%, 22,5% dan 25%. Variabel yang diteliti adalah jumlah total bakteri Escherichia coli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan anava satu arah, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan perendaman dengan infusa bangle berpengaruh nyata terhadap jumlah bakteri. Terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelompok perlakuan kontrol dengan kelompok perlakuan pada konsentrasi 12,5%, 15%, 17,5%, 20%, 22,5% dan 25%, tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan pada konsentrasi 12,5% dan 15% serta antara kelompok perlakuan pada konsentrasi 22,5% dan 25%. Disimpulkan bahwa penggunaan infusa bangle pada proses perendaman ikan bandeng berpengaruh terhadap penurunan jumlah bakteri Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bangle, Ikan Bandeng, Escherichia coli
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2015 12:58
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item