UJI TOLERANSI TANAMAN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum L.) TERHADAP CEKAMAN KADMIUM (Cd), TIMBAL (Pb), DAN TEMBAGA (Cu) PADA KULTUR CAIR

Siti Rosidah , 4411409022 (2014) UJI TOLERANSI TANAMAN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum L.) TERHADAP CEKAMAN KADMIUM (Cd), TIMBAL (Pb), DAN TEMBAGA (Cu) PADA KULTUR CAIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1897Kb)

    Abstract

    Luasnya lahan bekas pertambangan dan polusi tanah yang tidak terkendali menyebabkan cekaman logam berat seperti kadmium (Cd), timbal (Pb) dan tembaga (Cu) terhadap tanaman.Beberapa penelitian transformasi genetik telah dilakukan untuk menemukan tanaman tahan cekaman logam dengan menggunakan tembakau (Nicotiana tabacum L.) sebagai tanaman model. Oleh karena itu diperlukan data pembanding pada tanaman kontrol pada cekaman logam berat kadmium (Cd), timbal (Pb) dan tembaga (Cu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh cekaman logam berat terhadap tanaman tembakau dan bagaimana respon anatomis, morfologis antar perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental rancangan acak lengkap dengan satu faktor; yaitu konsentrasi logam Cu (0 μM, 50 μM, 100 μM, 150 μM & 200 μM), Cd (0 μM, 50 μM, 100 μM, 200 μM & 300 μM)dan Pb (0 μM, 5 μM, 20 μM, 50 μM & 100 μM). Sampel yang digunakan adalah tembakau berumur 3-4 minggu yang berasal dari eksplan biji. Uji toleransi cekaman logam secara kuantitatif diukur berdasarkan tiga parameter yaitu pertambahan panjang akar, pertambahan jumlah akar & akumulasi logam dalam akar, sedangkan secara kualitatif berdasarkan anatomi akar,tekstur akar& warna daun. Data dianalisis dengan ANAVA satu jalan dan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa cekaman logam Cu, Cd dan Pb berpengaruh signifikan pertambahan terhadap panjang akar, namun cekaman Cu dan Pb tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah akar. Hasil AAS menunjukkan pada cekaman logam Cu akumulasi terbesar ditemukan pada konsentrasi 200 μM, pada cekaman logam Cd ditemukan pada konsentrasi 200 μM dan pada cekaman Pb ditemukan pada konsentrasi 100 μM. Klorosis tidak ditemukan pada cekaman Cu, akam tetapi positif pada cekaman Cd dan Pb. Akumulasi logam ditemukan pada silinder pusat akar tembakau pada konsentrasi yang tinggi dan tidak ditemukan di kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh cekaman logam Cu,Cd dan Pb terhadap tanaman lainnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kadmium (Cd), kultur cair, Nicotiana tabacum L, tembaga (Cu), timbal (Pb), uji toleransi
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 17 Apr 2015 08:18
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item