RAM JET VENTILATION, PERUBAHAN STRUKTUR MORFOLOGI DAN GAMBARAN MIKROANATOMI INSANG IKAN LELE (Clarias batrachus) AKIBAT PAPARAN LIMBAH CAIR PEWARNA BATIK

Defrianto Alfika Putra , 4411409015 (2014) RAM JET VENTILATION, PERUBAHAN STRUKTUR MORFOLOGI DAN GAMBARAN MIKROANATOMI INSANG IKAN LELE (Clarias batrachus) AKIBAT PAPARAN LIMBAH CAIR PEWARNA BATIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1706Kb)

    Abstract

    Ikan lele (Clarias batrachus)merupakan ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat karena mengandung protein tinggi. Clarias batrachusdapat hidup diberbagai kondisi perairan yang tercemar limbah seperti limbah cair pewarna batik. Limbah cair pewarna batik mengandung beberapa logam berat seperti Pb, Cd, Cr, dan Cu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah cair pewarna batik terhadap kecepatan Ram Jet Ventilation, morfologi dan mikroanatomi insang Clarias batrachus. Jenis penelitian ini adalah eksperimental, populasi penelitian adalah Clarias batrachus dari tempat budidaya dan sampel penelitian sebanyak35 ekor Clarias batrachusberusia 2 bulan. Variabel dari penelitian ini adalah air limbah pewarna batik, Ramjet Ventilation, morfologi dan mikroanatomi insang. Data Ramjet VentilationClarias batrachus diambil dengan menghitung gerak operkulum dianalisis dengan Anava satu jalur dan uji BNT, data morfologi dan mikroanatomi insang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan hasil yaitu terjadi perbedaan antara laju kecepatanRamjet VentilationClarias batrachus pada kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol dengan tingkat kepercayaan 95% dan F tabel sebesar 4,25. Setelah di hitung ternyata F hitung lebih besar daripada F tabel yaitu dengan nilai F hitung sebesar 4,49, Perubahan yang terjadi pada morfologi yaitu insang dengan perlakuan lebih pucat dibandingkan dengan insang pada kontroldan perubahan secara mikroanatomi yaitu jaringan insang Clarias batrachus mengalami edema dan hiperplasia lamela sekunder. Simpulan penelitian yaitu limbah cair pabrik memberikan pengaruh nyata terhadap laju keceparatan Ram Jet Ventilation maupun Struktur morfologi dan mikroanatomi insang Clarias batrachus.Dari penelitian, saran yang dapat diambil adalah perlunya perhatian khusus terhadap instalasi pembuangan air limbah batik agar limbah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan, serta penelitian lanjutan dalam hal pengujian kandungan logam berat terhadap daging ikan lele agar diketahui layak atau tidaknya untuk dikonsumsi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ram Jet Ventilation, insang, Clarias batrachus, limbah cair pewarna batik
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Apr 2015 14:48
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item