PEMBELAJARAN SEJARAH PADA TIGA SMA DI KABUPATEN DEMAK

Tamzizur Rohman , 3101410020 (2014) PEMBELAJARAN SEJARAH PADA TIGA SMA DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Pembelajaran sejarah adalah perpaduan antara aktivitas belajar dan mengajar yang di dalamnya mempelajari tentang peristiwa masa lampau yang erat hubungannya dengan masa kini. Kualitas komponen pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah negeri maupun sekolah swasta sangat mempengaruhi proses pembelajaran dan kompetensi peserta didik. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah juga menentukan proses pembelajaran. Semakin lengkap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah maka semakin efektif pula proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana persiapan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 3 Demak dan SMA Abdi Negara Demak? (2) bagaimana proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 3 Demak dan SMA Abdi Negara Demak? (3) apa sajakah kendala-kendala yang dialami dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 3 Demak dan SMA Abdi Negara Demak?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui persiapan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 3 Demak dan SMA Abdi Negara Demak, (2) untuk mengetahui proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 3 Demak dan SMA Abdi Negara Demak, (3) untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 3 Demak dan SMA Abdi Negara Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah, kepala sekolah, dan siswa di SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 3 Demak dan SMA Abdi Negara Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model intraktif yang mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran sejarah di Kabupaten Demak berjalan dengan baik. Sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru membuat perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. Dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan berbagai metode pembelajaran. Metode pembelajaran tersebut dilakukan agar siswa lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Guru juga memberikan berbagai macam evaluasi kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pelajaran sejarah. Secara umum, hasil prestasi yang diraih oleh siswa dalam pelajaran sejarah di SMA negeri lebih baik dibandingkan dengan siswa di SMA swasta. Namun dalam pelaksanaannya guru juga mengalami kendala. Kendala yang dialami guru dalam pembelajaran sejarah di Kabupaten Demak adalah budaya belajar dan fokus pada pelajaran sejarah. Selain itu, kendala lain dialami dalam pembelajaran sejarah di SMA swasta. SMA swasta mengalami kendala dalam ketersediaan sarana dan alat bantu pembelajaran. Dengan keterbatasan tersebut pembelajaran berjalan kurang maksimal. Dari hasil penelitian di atas disarankan, guru perlu memberikan motivasi dan pengertian kepada peserta didik mengenai pentingnya belajar sejarah. Pelajaran sejarah tidak hanya belajar tentang masa lalu, tetapi juga mengambil nilai-nilai dari beberapa peristiwa yang telah terjadi yang akan diterapkan di masa sekarang dan masa yang akan datang. Selain itu, untuk meningkatkan ketertarikan, minat dan kesadaran sejarah siswa, guru perlu mengadakan pembelajaran di luar kelas seperti kunjungan ke Masjid Agung Demak dan Museum Masjid Agung Demak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sejarah, SMA
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Apr 2015 14:40
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item