PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK LEAFLET BERBASIS SEJARAH LOKAL DENGAN MATERI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 PEMALANG TAHUN AJARAN 2013-2014

Falasifah, 3101410001 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK LEAFLET BERBASIS SEJARAH LOKAL DENGAN MATERI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 PEMALANG TAHUN AJARAN 2013-2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3050Kb)

    Abstract

    Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas. Sedangkan kondisi bahan ajar di sekolah menengah atas sering kali belum memenuhi standar. Kurang memadahinya bahan ajar berpotensi membuat hasil belajar dan minat siswa terhadap pelajaran sejarah menjadi rendah. Bahan ajar berbentuk leaflet adalah bahan ajar yang mudah dan praktis untuk diberikan kepada siswa sebagai bahan ajar tambahan dan dibuat untuk mengatasi minimnya bahan ajar untuk kelas XI IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi bahan ajar di SMA Negeri 2 Pemalang serta bagaimana pengembangan dan penerapan bahan ajar disana. Hasil dari pengembangan dan penerapan bahan ajar akan menunjukan bagaimana minat siswa terhadap pelajaran sejarah. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Untuk mengetahui kondisi bahan ajar di SMA Negeri 2 Pemalang digunakan metode kualitatif. Yaitu dengan teknik wawancara. Dalam mengetahui bagaimana pengembangan dan penerapan bahan ajar, peneliti menggunakan metode Research and Development, serta untuk mengetahui minat siswa menggunakan metode kuantitatif. Yaitu dengan teknik angket minat dan tes evaluasi hasil belajar.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar dengan berbentuk leaflet membuat minat belajar siswa dalam belajar sejarah meningkat. Sehingga bahan ajar leaflet ini dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang menunjang ketersediaan bahan ajar di SMA Negeri 2 Pemalang. Hal ini terbukti melalui uji angket dan uji evaluasi yang dilakukan oleh peneliti. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, kondisi bahan ajar di SMA Negeri 2 Pemalang belum cukup memadahi. Untuk mengatasi minimnya bahan ajar, maka peneliti membuat pengembangan bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Bahan ajar berbentuk leaflet dipilih karena bentuknya yang sederhana, menarik minat membaca siswa dan mudah dipahami. Bahan ajar yang sudah dikembangkan oleh peneliti diterapkan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pemalang. Penerapan bahan ajar tersebut dilakukan sebagai bahan ajar tambahan pada kegiatan pembelajaran sejarah. Hasil penerapan bahan ajar tersebut diujikan kepada siswa melalui angket dan tes evaluasi sehingga didapat hasil bahwa bahan ajar tersebut dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar sejarah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Leaflet, Sejarah Lokal
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Apr 2015 14:03
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item