EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SITUS PENINGGALAN SEJARAH DI MAGELANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH KELAS VII POKOK BAHASAN HINDHU-BUDHA DI SMPN 3 MAGELANG DAN SMP TARAKANITA MAGELANG

Leo Candra Eko Saputro , 3101409049 (2014) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SITUS PENINGGALAN SEJARAH DI MAGELANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH KELAS VII POKOK BAHASAN HINDHU-BUDHA DI SMPN 3 MAGELANG DAN SMP TARAKANITA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2472Kb)

    Abstract

    Memanfaatkan situs peninggalan sejarah sebagai sumber belajar adalah perkara penting, sebab situs sejarah sendiri merupakan salah satu sumber sejarah yang dapat memberikan gambaran yang lebih konkret terhadap siswa pada pembelajaran sejarah. Magelang memiliki beberapa situs peninggalan sejarah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan beberapa situs-situs peninggalan sejarah tersebut memiliki kesesuaian antara materi yang terkandung dalam situs dengan SK dan KD terkait dengan materi masuknya Hindhu-Budha dalam kurikulum yang berlaku. Salah satu prinsip dari pelaksanaan kurikulum juga mendukung pemanfaatan situs peninggalan sejarah sebagai sumber belajar. Hal tersebut menjadi alasan mengapa keberadaan situs peninggalan sejarah di Magelang menjadi perlu untuk diteliti sejauh mana tingkat efektivitasnya sebagai sumber belajar. Penelitian ini mengambil tiga rumusan masalah dan tujuan akhirnya untuk menilai seberapa efektif penggunaan situs peninggalan sejarah di Magelang sebagai sumber belajar dalam penelitian di SMPN 3 Magelang dan SMP Tarakanita Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMPN 3 Magelang dan SMP Tarakanita Magelang. Informan adalah guru sejarah dan siswa dari kedua sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi relasi dalam tingkat pemahaman siswa dengan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs peninggalan sejarah di Magelang sebagai sumber belajar meskipun dalam penerapan pembelajaran menggunakan teknik yang berbeda. Untuk tingkat keefektifan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs sejarah di Magelang sebagai sumber belajar, dari tabel kesesuaian dapat dilihat SMP Tarakanita menunjukkan hasil yang baik. Kemudian untuk pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs peninggalan sejarah di Magelang sebagai sumber belajar menunjukkan hasil yang cukup.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Situs Peninggalan Sejarah, Sumber Belajar
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Apr 2015 10:57
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item