EFEKTIVITAS PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014

Farhah Khoiriah Ahmad , 2303410035 (2014) EFEKTIVITAS PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Kemahiran menulis merupakan salah satu kemahiran berbahasa yang tujuan pembelajarannya cukup sulit tercapai oleh siswa. Salah satu faktornya adalah pengemasan pembelajaran yang kurang variatif dan kemahiran ini bersifat reseptif. Menurut hasil penelitian awal melalui uji coba soal terhadap kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya 57,67. Adapun faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah adanya ketidakvariatifan dan ketidaksesuaian penerapan pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, sehingga memungkinkan terjadinya kejenuhan siswa dalam belajar. Salah satu buktinya adalah siswa kesulitan menyusun huruf menjadi kata dan menyusun kata yang telah dihafalkan menjadi kalimat. Selain itu, 70% siswa berasal dari Sekolah Dasar yang notabene tidak ada mata pelajaran bahasa Arab. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pendekatan quantum learning tipe card sort untuk meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2013/2014? dan 2) Bagaimana efektivitas pendekatan quantum learning tipe card sort dalam meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2013/2014?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan dan efektivitas pendekatan quantum learning tipe card sort untuk meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2013/2014. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design (pretest-posttest yang tidak ekuivalen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes uraian dan non tes berupa angket dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian yang dihimpun, 92,31% siswa mengaku penerapan pendekatan quantum learning tipe card sort efektif meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab dan 61,54% siswa menyatakan senang dengan pembelajaran ini. Peningkatan yang signifikan terjadi pada hasil pretest-posttest kelompok eksperimen yang diberi treatment. Hal itu bila dengan dibandingkan kelompok kontrol yang tidak diberi treatment. Perolehan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dari pretest ke posttest meningkat hingga 21,56 poin, yaitu dari 59,82 meningkat 81,38. Adapun nilai rata-rata pada siswa kelompok kontrol dari pretest ke posttest meningkat 14,17 poin saja, yaitu dari 57,71 meningkat menjadi 71,88.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemahiran menulis, quantum learning, card sort
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 13 Apr 2015 14:12
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item