EFEKTIVITAS MEDIA KARTU GAMBAR REKA CERITA BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA TAHUN 2014


Baeti Istikomah , 2303410030 (2014) EFEKTIVITAS MEDIA KARTU GAMBAR REKA CERITA BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA TAHUN 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303410030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas XI-IPA MAN 1 Banjarnegara tergolong masih rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab masih kurang hal ini terlihat saat kegiatan belajar mengajar siswa tidak fokus terhadap materi dan cenderung berkegiatan sendiri. Adapun pembelajaran yang hanya menggunakan media yang kurang bervariasi. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media supaya ada motivasi dalam belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan media kartu gambar reka cerita untuk mendukung siswa dalam keterampilan menulis bahasa Arab. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah media kartu gambar reka cerita efektif bagi peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banjarnegara?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektif atau tidak media kartu gambar reka ceritabagi peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang dihasilkan berhubungan dengan angka-angka. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini pada kelas kontrol mengalami penurunan dari pre-test dengan rata-rata 64,23 dan pada post-test dengan rata-rata 63,08. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 63,85 dan pada post-test dengan rata-rata 79,42. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa media kartu gambar reka cerita efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas XI di MAN 1 Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Gambar Reka Cerita, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2015 18:03
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20159

Actions (login required)

View Item View Item