PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA PEMBELAJARAN IMLA’ BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS X-12 MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Augusta Fachrur Akbar , 2303410029 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA PEMBELAJARAN IMLA’ BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS X-12 MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3714Kb)

    Abstract

    Pembelajaran imla‟ bahasa Arab adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit dicerna oleh siswa dan sebagian besar menganggap pembelajaran ini menjenuhkan, sehingga dampaknya tujuan pembelajarannyapun belum tercapai secara maksimal. Imla‟ berarti talqin yaitu menyampaikan atau mendiktekan kepada orang lain dengan suara keras agar dia memindahkan secara baik dan benar dari segi bahasa dan mempelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang tidak membuat jenuh siswa adalah model Course Review Horay (CRH). Model CRH merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan serta membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak „horee!!‟ atau yel-yel lainnya yang disukai. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan model course review horay pada pembelajaran imla‟ bahasa Arab untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014? dan 2) sejauh mana prestasi siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang setelah diterapkan model course review horay pada pembelajaran imla‟ bahasa Arab?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan dan prestasi belajar siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014 setelah diterapkan model course review horay pada pembelajaran imla‟ bahasa Arab. Jenis dan desain penelitian ini adalah kualitatif dan penelitian tindakan kelas, di dalamnya terdapat dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes uraian. Analisis data nontes berupa deskriptif kualitatif dan data tes berupa deskriptif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II baik dari aspek kebahasaan maupun non kebahasaan. Yang pertama aspek kebahasaan, dari data tes dapat diketahui peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas dari 37 siswa pada siklus I adalah 52,97 dan pada siklus II adalah 70,74, artinya terjadi peningkatan sebanyak 33,54%. Sedangkan pada aspek non kebahasaan, dari data tes dapat diketahui peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas dari 37 siswa pada siklus I adalah 64,66 dan pada siklus II adalah 82,81, artinya terjadi peningkatan sebanyak 28,19%. Adapun hasil dari data nontes yang diperoleh dari 37 siswa dan narasumber menyimpulkan bahwa terdapat perubahan prestasi belajar siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014 pada pembelajaran imla‟ setelah diterapkan model pembelajaran CRH.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Course Review Horay, Imla‟, Prestasi Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 13 Apr 2015 13:58
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item