KLAUSA PADA KALIMAT MAJEMUK DALAM BAHASA ARAB BERSTUKTUR MINIMAL PADA FUNGSI SINTAKSISNYA DALAM BUKU TAZKIYYATU AN NUFUS (ANALISIS SINTAKSIS)


Gilar Rizqi Nugroho , 2303410019 (2014) KLAUSA PADA KALIMAT MAJEMUK DALAM BAHASA ARAB BERSTUKTUR MINIMAL PADA FUNGSI SINTAKSISNYA DALAM BUKU TAZKIYYATU AN NUFUS (ANALISIS SINTAKSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303410019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu nahwu sangat diperlukan dalam memahami teks-teks berbahasa Arab. Dalam penelitian ini, peneliti membahas salah satu dari pokok pembahasan dalam ilmu nahwu, yaitu mengenai jumlah (klausa) karena penelitian tentang jumlah (klausa) masih jarang ditemukan. Jumlah (klausa) itu sendiri merupakan susunan atau gabungan dari beberapa kata yang mempunyai arti sempurna dan berpotensi untuk menjadi kalimat. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana ragam klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya dalam buku Tazkiyyatu An Nufus; dan (2) Bagaimana konstruksi klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya dalam buku Tazkiyyatu An Nufus. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan ragam klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya dalam buku Tazkiyyatu An Nufus; (2) mendeskripsikan konstruksi klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya dalam buku Tazkiyyatu An Nufus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian studi pustaka (library research). Data dalam penelitian ini adalah klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya dalam buku Tazkiyyatu An Nufus. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku Tazkiyyatu An Nufus. Hasil analisis klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya dalam buku Tazkiyyatu An Nufus ditemukan 1.957 klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya. Dari 50 data yang teranalisis menunjukkan 20 klausa berkonstruksi mubtada’ (topik) dan khobar (komen), dan 00 klausa berkonstruksi fi’il (verba) dan fa’ilnya (pelaku). Dari 50 data klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya dalam buku Tazkiyyatu An Nufus yang teranalisis menunjukkan 10 klausa introduktif, 8 klausa konjungtif, 7 klausa kondisional (subordinat), 5 klausa sakramental (subordinat), 9 klausa interfektif, 2 klausa eplikatif dan 9 klausa subordinat pada klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal pada fungsi sintaksisnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: klausa pada kalimat majemuk dalam bahasa arab berstuktur minimal, konstruksi klausa, buku Tazkiyyatu An Nufus
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2015 12:47
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20153

Actions (login required)

View Item View Item