PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs SULTAN AGUNG KALIBANGKANG KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Yuliani Saifurrohmah , 2303410011 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs SULTAN AGUNG KALIBANGKANG KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3838Kb)

    Abstract

    Berbicara merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang ingin dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen terutama di kelas VIII masih rendah khususnya dalam keterampilan berbicara bahasa Arab, karena dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VIII belum menggunakan strategi-strategi, model pembelajaran dan media pembelajaran yang efektif dan menarik sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar berbicara bahasa Arab. Salah satu upaya yang ditawarkan sebagai alternatif pemecahan permasalahan diatas adalah dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning time token untuk mendukung siswa dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Time Token efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang tahun ajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Learning Time Token untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang disajikan berhubungan dengan angka-angka. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata tes. Pada pre-test kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 67,66 sedangkan post-test mendapat nilai rata-rata 71,43. Pada pre-test kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 64,3 sedangkan post-test mendapat nilai rata-rata 79,82. Berdasarkan penelitian yang dilakukan data menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Time Token efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Cooperative Learning, Time Token
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 13 Apr 2015 08:28
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:28

    Actions (login required)

    View Item