PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TARAKIB (QAWAID) KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG


Khotimatun Nafiah , 2303410009 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TARAKIB (QAWAID) KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303410009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebuah pembelajaran yang efektif harus memiliki acuan sebagai sumber belajar, dalam hal ini menggunakan buku ajar yang berisi materi pembelajaran sesuai silabus, standar kompetensi dan kompetensi dasar. Buku ajar yang digunakan oleh guru dan siswa dalam sebuah pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab, unsur-unsur berbahasanya tidak terlalu diperhatikan. Salah satu unsur berbahasa Arab yaitu tarakib yang hanya sedikit penyajiannya dalam buku ajar. Maka peneliti menawarkan solusi berupa pengembangan bahan ajar yang memuat materi tarakib dengan lebih lengkap termasuk di dalamnya contoh-contoh dan latihan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana analisis kebutuhan siswa dan guru bahasa Arab terhadap buku ajar penunjang tarakib, 2) Bagaimana prototipe buku ajar penunjang, 3) Bagaimana penilaian ahli, dan 4) Bagaimana hasil uji coba buku ajar penunjang. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development (R&D) atau sering disebut penelitian pengembangan. Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba produk awal, yaitu untuk mengetahui efektivitas produk setelah rancangan produk dinilai oleh ahli dan diperbaiki. Hasil penelitian ini yaitu: 1) seluruh guru dan 85,29% siswa menyampaikan kebutuhan terhadap modul penunjang pembelajaran tarakib, 2) prototipe produk yaitu berupa modul penunjang pembelajaran tarakib disusun berdasarkan prinsip-prinsip tertentu, 3) penilaian ahli terhadap prototipe modul penunjang pembelajaran tarakib memperoleh rata-rata nilai dengan kategori sangat baik pada setiap aspek, 4) Berdasrkan hasil uji coba diperoleh nilai t sebesar 7,05 jatuh pada daerah penerimaan Ha yang menyatakan bahwa modul penunjang pembelajaran tarakib efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar bahasa arab, penunjang pembelajaran, tarakib
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2015 12:00
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item