PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES ( CUPS ) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Oktavisiska Narstyodewi , 4401410091 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES ( CUPS ) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401410091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian model pembelajaran efektif dalam membantu siswa memperoleh pengalaman belajar. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Petarukan diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, masih cenderung student centered. Penelitian ini bertujuan melihat peningkatan kemampuan kognitif dan Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dalam pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah True experiment dengan PretestPostest Control Group Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIID sebagai kelas pembanding dengan metode diskusi percobaan dan kelas VIIE sebagai kelas perlakuan dengan model pembelajaran CUPs. Pengambilan data untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains selama proses penelitian diambil menggunakan metode instrumen tes dan observasi. Hasil uji gain kemampuan kognitif kelas perlakuan 0,49 dan kelas pembanding 0,42 dalam kategori sedang. Hasil uji gain KPS kelas perlakuan 0,47 dan kelas pembanding 0,39. Ketuntasan klasikal pada aspek kemampuan kognitif kelas perlakuan mencapai 91,57% sedangkan pada kelas pembanding hanya 77,78%. Ketercapaian skor 75% pada KPS keseluruhan siswa kelas perlakuan mencapai 86,11% sedangkan kelas pembanding hanya mencapai 72,22%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kognitif, Keterampilan Proses Sains (KPS), Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2015 12:40
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20136

Actions (login required)

View Item View Item