PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS TAKSONOMI THE STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOME PADA MATERI KONSEP LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS


Puji Rahayu , 4301410026 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS TAKSONOMI THE STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOME PADA MATERI KONSEP LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301410026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses penilaian bukanlah merupakan hal yang baru dalam dunia pendidikan, proses penilaian biasa dilakukan guru pada setiap pembelajaran. Namun praktik pembelajaran di sekolah masih banyak guru yang belum memiliki pemahaman tentang sistem penilaian yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada saat ini. Untuk itu diperlukan instrumen penilaian yang dapat melihat respon siswa terhadap pertanyaan (soal) pada pokok bahasan larutan penyangga dan hidrolisis. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji proses pengembangan instrumen penilaian berbasis Taksonomi SOLO pada materi konsep larutan penyangga dan hidrolisis (2) Memperoleh inovasi bentuk instrumen penilaian berdasarkan Taksonomi SOLO pada mata pelajaran kimia kompetensi larutan penyangga dan hidrolisis kelas XI SMA (3) Memperoleh instrumen penilaian berbasis Taksonomi SOLO yang memenuhi kriteria valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) yang terdiri atas beberapa langkah sebagai berikut : 1) Analisis teoritis dan praktis (2) Analisis Kebutuhan (3) Penyusunan draf produk (4) Validasi ahli atau pakar (5) Revisi draf (6) Uji coba produk (7) Pembuatan produk akhir instrumen penilaian. Hasil dari penelitian berupa instrumen berbasis taksonomi SOLO dengan kebaruan pemeringkatan pertanyaan (soal) yakni pertanyaan Unistruktural, Multistuktural, Relasional, dan Abstrak diperluas. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Panduan pengembangan ini juga dilengkapi perangkat evaluasi yang terdiri atas materi pembelajaran, penyusunan kisi-kisi soal, soal esai, klasifikasi taksonomi SOLO pada soal, kunci jawaban dan panduan skoring. The assessment process was not a new thing on education, this process usually done by teacher in every learning. However learning practically at school, there are still a lot of teacher not have comprehension on assessment system that appropriate with recently curriculum. It required assessment instruments that can observe the student respond to subject matter buffer and hydrolysis’s problem. This study aims are (1) Investigate the development process of SOLO Taxonomy assessment instruments on buffer and hydrolysis material (2) Obtain the innovation form of SOLO Taxonomy assessment instruments on buffer and hydrolysis material at eleventh grade (3) Obtain the valid and reliable SOLO Taxonomy assessment instruments. This study uses research and development or R & D (Research and Development), which consists of several steps as follows: (1) Theoretical and practical analysis (2) Necessary analysis (3) Product design (4) Expert validation (5) Product revise (6) product trials (7) Produce the final assessment instruments product. Outcome of research is SOLO Taxonomy assessment instruments with newness question level as follows : unistructural, multi-structural, relational and extended abstract. This development guide completely with evaluation set that consist of learning material, framework question, essay questions, classification SOLO Taxonomy in question, the answer and scoring guide.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Larutan Peyangga, Hidrolisis, Instrumen penilaian, Taksonomi SOLO, Buffer, Hydrolysis, Assessment Instrument, SOLO Taxonomy
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2015 11:58
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20134

Actions (login required)

View Item View Item