IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA PERANCANGAN KARYA KOMUNIKASI VISUAL KEIKOTAKO TAKOYAKI SEMARANG


Yosi Octavia R , 2411410014 (2015) IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA PERANCANGAN KARYA KOMUNIKASI VISUAL KEIKOTAKO TAKOYAKI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411410014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keikotako adalah sebuah UMKM yang menjual makanan ringan khas Jepang takoyaki, yang tergolong baru di Indonesia terutama di kota Semarang. Keikotako perlu memperkenalkan produknya kepada khalayak sasaran. Oleh karena itu diperlukan adanya media komunikasi visual yang mendukung pemasaran produknya. Integrated Marketing Communication atau yang lebih dikenal dengan komunikasi pemasaran terpadu adalah konsep di mana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasinya untuk menyampaikan pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan mengenai perusahaan dan produknya. Perancangan karya komunikasi visual ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary, proses desain atau pra produksi, proses produksi, dan proses pasca produksi. Melalui proses dalam pembuatan karya komunikasi visual, dihasilkan sebuah rangkaian media komunikasi pemasaran terpadu yang terbagi dalam beberapa kategori IMC yaitu periklanan yang meliputi iklan surat kabar dan majalah, iklan billboard, x-banner, flag chain, kemasan, dan desain template website, promosi penjualan yang meliputi: kupon dan merchandise, hubungan masyarakat yang meliputi: stationary, desain uniform, dan sticker, serta pemasaran langsung yang meliputi: desain booth, desain menu, dan leaflet. Dalam pembuatan seluruh karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain seperti warna, garis, keseimbangan, dominasi, dan lain lain. Semua karya komunikasi visual dirancang saling memiliki keterpaduan dan keterkaitan dari segi tema, yaitu young and free dan konsep tampilan baru di setiap seasons. Setiap karya saling mendukung satu dengan lainnya dalam tujuan kegiatan pemasaran. Diharapkan media komunikasi visual yang dirancang dapat mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran terpadu Keikotako yang dapat meningkatkan jumlah konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Integrated Marketing Communication, Media komunikasi visual, Keikotako Takoyaki Semarang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 12:21
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item View Item