PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG


NENENG PURWANTI, 1401410206 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG) - Published Version
Download (29MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD bertujuan agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Kualitas pembelajaran IPS di kelas IVB SDN Tambakaji 04 Semarang masih rendah. Berdasarkan refleksi menunjukkan guru belum menggunakan model dan media inovatif, aktivitas siswa rendah, dari 40 siswa hanya 15 (32,5%) tuntas KKM 67 sedangkan 25 lainnya (62,5%) tidak tuntas. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model NHT berbantuan multimedia. Rumusan maslah penelitian adalah “Apakah model NHT berbantuan multimedia dapat meningkatkan keterampilan gur, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS kelas IVB SDN Tambakaji 04 Semarang?”. Tujuan penelitian meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS kelas IVB SDN Tambakaji 04 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan tiga siklus. Masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Tambakaji 04 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru meningkat setiap siklus, siklus I skor 23 kategori baik, siklus II skor 30 kategori baik, dan siklus III skor 37 kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa meningkat setiap siklus, siklus I skor 17,98 kategori tidak baik, siklus II skor 26,28 kategori baik, dan siklus III skor 30,69 kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa meningkat tiap siklus dengan ketuntasan klasikal siklus I 62,5%, siklus II 77,5%, dan siklus III 92,5%. Simpulan penelitian melalui model model NHT berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Tambakaji 04 Semarang. Disarankan bagi guru adalah hendaknya dapat menerapkan model NHT berbantuan multimedia pada pelajaran IPS maupun pelajaran lain untuuk mengaktifkan siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model NHT, Multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Jun 2014 12:41
Last Modified: 19 Jun 2014 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20112

Actions (login required)

View Item View Item