PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG


TIANIDA NILAMSARI, 1401410204 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (23MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS dilaksanakan secara interaktif, kreatif, dan inspiratif sebagai bekal siswa menghadapi arus perkembangan zaman. Namun, berdasarkan hasil refleksi, guru belum mengadakan variasi pembelajaran sehingga partisipasi belajar siswa rendah. Kondisi tersebut berdampak terhadap hasil belajar siswa. Peneliti bersama kolaborator menetapkan alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan model mind mapping berbantuan multimedia interaktif. Rumusan masalah yang ditetapkan adalah apakah model mind mapping berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Gunungpati 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Gunungpati 01 melalui model mind mapping berbantuan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Gunungpati 01 sejumlah 24 siswa (11 siswa laki laki dan 13 siswa perempuan). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan 3 siklus, dengan 1 kali pertemuan tiap siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitian ini meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Data diperoleh dari tes di akhir pembelajaran dan non tes meliputi: observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, dan rubik penilaian produk. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan mengklasifikasikan berdasarkan kategori untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian keterampilan guru ketiga siklus memperoleh kriteria baik dengan skor siklus I 28, siklus II 32, dan siklus III 35. Aktivitas siswa siklus I mendapat skor 15,6 kriteria baik, skor siklus II 21,75 kriteria sangat baik, dan meningkat pada siklus III menjadi 25,2 kriteria sangat baik. Hasil ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 63%, dengan nilai rata-rata 65, siklus II sebesar 79% dengan nilai rata-rata 73, dan meningkat pada siklus III menjadi 96% dengan nilai rata-rata 79. Peneliti menyimpulkan bahwa model mind mapping berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peneliti menyarankan hendaknya guru dapat menggunakan pembelajaran inovatif salah satunya model mind mapping dan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki sekolah seperti LCD dan laptop untuk media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, model mind mapping, multimedia interaktif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jun 2014 12:03
Last Modified: 18 Jun 2014 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20111

Actions (login required)

View Item View Item