PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBANTUAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG
Khoirun Nikmah, 1401410343 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBANTUAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBANTUAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan hasil refleksi, guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, kurang maksimal memanfaatkan media pembelajaran, siswa kurang antusias dan pasif dalam mengikuti pembelajaran, hasil belajar IPS rendah dengan ketuntasan 45%. Peneliti bersama tim kolaborasi menetapkan alternatif tindakan dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan strategi Concept Mapping berbantuan audio visual. Rumusan masalah yang ditetapkan adalah apakah melalui strategi Concept Mapping berbantuan audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui strategi Concept Mapping berbantuan audio visual. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 1 kali pertemuan tiap siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 20 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 28 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,65 kategori baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 24,22 kategori baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 26,6 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 52,5% , meningkat pada siklus II menjadi 72,5%, dan meningkat pada siklus III menjadi 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui strategi concept mapping berbantuan audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V. Saran bagi guru adalah strategi concept mapping berbantuan audio visual diharapkan dapat menjadi solusi dalam melaksanakan pembelajaran IPS di kelas V.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran IPS, concept mapping, audio visual |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 11:58 |
Last Modified: | 18 Jun 2014 11:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20110 |
Actions (login required)
View Item |