KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DEBONG KIDUL KOTA TEGAL


Dwiyana Pristiani, 1401410346 (2014) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DEBONG KIDUL KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DEBONG KIDUL KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DEBONG KIDUL KOTA TEGAL) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab kurang berhasilnya proses pembelajaran Bahasa Indonesia adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang aktif saat proses pembelajaran. Model NHT dapat dijadikan sebagai model pembelajaran alternatif dengan mempertimbangkan karakteristik siswa SD yang senang bermain dan bekerja dalam kelompok. Tujuan penelitian ini mengetahui keefektifan model NHT pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 65 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel penelitian diambil dari kelas VA sebagai sampel eksperimen dan kelas VB sebagai sampel kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, tes, dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi silabus, RPP, dan soal tes pilihan ganda untuk pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji t. Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t test melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,731 dan ttabel sebesar 2,006. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbandingan 2,731>2,006 (thitung>ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman dengan penerapan model Number Heads Together lebih efektif dari pada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Saran penulis yaitu sebelum menerapkan model NHT, guru hendaknya merencanakan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan baik, terutaman hal-hal yang berkaitan dengan model NHT seperti: pembagian kelompok, dan menstimulus siswa untuk memberikan tanggapan demi terwujudnya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model, Number Heads Together (NHT).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jun 2014 11:54
Last Modified: 18 Jun 2014 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20109

Actions (login required)

View Item View Item