PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIIB SDN KARANGANYAR 02


NURUL APRILIYA, 1401410379 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIIB SDN KARANGANYAR 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIIB SDN KARANGANYAR 02]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIIB SDN KARANGANYAR 02) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membekali siswa dengan wawasan yang berkaitan dengan masalah-masalah atau gejala sosial yang berkembang di masyarakat dan lingkungannya. Ruang lingkup pembelajaran IPS meliputi kehidupan manusia dengan lingkungan seluruh alam semesta. Berdasarkan refleksi yang diperoleh kualitas pembelajaran IPS di kelas IIIB belum optimal, ditunjukkan dengan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang variatif, minat siswa kurang sehingga aktivitas siswa rendah, penggunaan media yang kurang menarik menyebabkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi IPS rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah model kooperatif tipe STAD dengan audio visual dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar kelas IIIB SDN Ngaliyan 02 dalam pembelajaran IPS?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IIIB SDN Karanganyar 02. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IIIB SDN Karanganyar 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 31 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,48 kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 23,60 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 25,82 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 52,52%, meningkat pada siklus II menjadi 69,56%, dan meningkat pada siklus III menjadi 86,95%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu kriteria keterampilan guru dan aktivitas siswa sekurang-kurangnya baik dan ketuntasan hasil belajar klasikal ≥ 75% sudah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe STAD dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang menarik dan bervariasi, sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran lain di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, STAD, Audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jun 2014 11:40
Last Modified: 18 Jun 2014 11:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20108

Actions (login required)

View Item View Item