PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 WARUNGPRINGPEMALANG

Mohammad Andi Yusuf, 1401910041 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 WARUNGPRINGPEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 WARUNGPRINGPEMALANG) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Matematikadi Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang mendasari kemampuan kognitif siswa untuk melanjutkan di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Warungpring yang diperoleh dari data observasi awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan keterampilan guru, minat siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi geometri pada kelas IV SDN 01 Warungpring. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division, dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas IV SDN 01 Warungpring. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes tertulis, dan non tes berupa lembar observasi keterampilan guru, manifestasi minat siswa dan angket minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division, dapat: (1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran Matematika pada siklus I memperoleh rata-rata skor 28 dengan kategori baik menjadi 36,5 sangat baik pada rata-rata siklus II. (2) minat siswa dalam pembelajaran Matematika pada siklus I memperoleh rata-rata skor 2,81da termasuk kategori berminat, kemudian meningkat menjadi rata-rata skor 3,07 dengan kategori berminatpada siklus II. (3) hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 61,56 dengan rata-rata persentase tuntas belajar mencapai 64% dan rata-rata persentase ketidaktuntasan belajar mencapai 36%.Kemudian pada siklus II hasil rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 69,22 dan rata-rata persentase ketuntasan menjadi 77% dan rata-rata persentase ketidaktuntasan hanya 24% sehingga termasuk dalam kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement,kualitas pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 01 Warungpring dapat meningkat. Saran bagi guru, sebaiknya guru selalu menerapkan inovasi pembelajaran dengan model kooperatif dan menggunakan media yang efektif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Geometri, Model PembelajaranKooperatif, Student Team Achievement Division.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 18 Jun 2014 07:24
    Last Modified: 18 Jun 2014 07:24

    Actions (login required)

    View Item