PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD KALIWIRU SEMARANG


DHESSRIYATNO FAJAR NUGROHO, 1401911013 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD KALIWIRU SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD KALIWIRU SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD KALIWIRU SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di jenjang SD merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa – peristiwa yang terjadi di alam yang mengkaji tentang manusia, dan lingkungannya. Hasil observasi awal yang dilakukan di SD Kaliwiru Semarang, ditemukan masalah dalam pembelajaran IPA di kelas V. Masalah ini terjadi karena belum optimalnya keterampilan guru, kurangnya variasi pemanfaatan metode dan media pembelajaran, sehingga berakibat rendahnya aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPA melalui model Teams Games Tournament (TGT). Rumusan masalah “Bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model TGT pada siswa kelas V SD Kaliwiru Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model TGT. Penelitian tindakan ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus, setip siklus dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 siswa kelas V SD Kaliwiru Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 17,5 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 17,7 dengan kriteria baik, dan siklus II memperoleh 22,15 dengan kriteria sangat baik. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 57%, siklus II memperoleh presentase 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi Model Temas Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Kaliwiru Semarang. Saran-saran yang dapat disampaikan guru dapat menerapkan model TGT karena model ini membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model Teams Games Tournament (TGT), kualitas pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jun 2014 11:18
Last Modified: 18 Jun 2014 11:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20104

Actions (login required)

View Item View Item