PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE CARD SORT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD KEBON DALEM 2 TEMBALANG SEMARANG


Mulyanah, 1402908231 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE CARD SORT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD KEBON DALEM 2 TEMBALANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE CARD SORT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD KEBON DALEM 2 TEMBALANG SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE CARD SORT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD KEBON DALEM 2 TEMBALANG SEMARANG) - Published Version
Download (36MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia digunakan dalam sebagian besar buku pelajaran sebagai sumber belajar. Untuk dapat menggunakan buku pelajaran dengan baik, siswa dituntut untuk lancar membaca. Sehingga mampu menangkap informasi yang disajikan dalam buku. Maka keterampilan membaca harus dikuasai siswa sejak awal masuk sekolah dasar. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan membaca siswa, mudah bosan, kurang berminat, cenderung pasif, hasil belajar membaca rendah, pembelajaran yang kurang inovatif, guru tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Rumusan masalah penelitian ini, apakah metode card sort menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas I SD Kebon Dalem 2 Tembalang Semarang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Rancangan penelitian terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan terhadap guru dan siswa kelas IA yang berjumlah 30 siswa. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca permulaan siswa dengan kartu gambar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan tes, dokumentasi, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kalitatif. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan guru mencapai rata-rata 3,5 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mencapai rata-rata 26,74 kriteria cukup dan keterampilan membaca mencapai rata-rata 69,68 atau 61,3%. Siklus II keterampilan guru mencapai rata-rata 3,7 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mencapai rata-rata 28,32 kriteria baik dan keterampilan membaca mencapai rata-rata 75,03 atau 74,2%. Siklus III keterampilan guru mencapai rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mencapai rata-rata 31,66 kriteria baik dan keterampilan membaca mencapai rata-rata 76,21 atau 86,2%. Simpulan dengan metode card sort menggunakan kartu gambar dalam pembe-lajaran membaca permulaan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I , siklus II dan siklus III mengalami peningkatan. Saran yang bisa dilakukan adalah perlunya refleksi untuk menemukan solusi permasalah dalam pembelajaran, pemilihan metode yang inovatis dan tepat serta penggunaan media pembelajaran yang menarik akan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca permulaan, metode card sort, kartu gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jun 2014 11:12
Last Modified: 18 Jun 2014 11:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20103

Actions (login required)

View Item View Item