PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI KOTA SEMARANG

PUPUT ALFRIANTI, 1401410096 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang kajiannya mengintegrasikan bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Data observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS di SDN Mangunsari Kota Semarang menunjukkan beberapa permasalahan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah. Guru kurang berinteraksi dengan siswa, guru kurang mengenalkan siswa ke dalam materi yang konkret, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 46,1%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang. Sedangkan rumusan yang lebih rinci adalah apakah model Treffinger berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang. Sedangkan tujuan yang lebih rinci dalam penelitian ini meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Treffinger berbantuan media Powerpoint. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes (evaluasi) dan teknik nontes (observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan angket). Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 33 dengan kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 45 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 52 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 26,36 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan skor 31,72 dengan kriteria baik. Pada siklus III aktivitas siswa memperoleh skor 36,30 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 65,38% ,sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 73,91%, kemudian pada siklus III ketuntasan belajar mencapai 88,46%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Treffinger berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah agar model Treffinger berbantuan media Powerpoint dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran .

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Treffinger, Powerpoint
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 Jun 2014 08:07
    Last Modified: 11 Jun 2014 08:07

    Actions (login required)

    View Item