Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin, Lingkungan Belajar, dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Program Keahlian dministrasi Perkantoran SMK AntoniusSemarang Tahun Ajaran 2007/2008.
Yoga Dwi Susana, 3301404179 (2009) Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin, Lingkungan Belajar, dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Program Keahlian dministrasi Perkantoran SMK AntoniusSemarang Tahun Ajaran 2007/2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin, Lingkungan Belajar, dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang Tahun Ajaran 2007/2008.)
- Published Version
Download (538kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan pendidikan dapat tercapai dengan adanya perubahan dan pembaharuan dalam segala komponen pendidikan yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan diantaranya meliputi, siswa itu sendiri, sarana dan prasarana, guru dan metode pengajaran yang efektif. Secara umum keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya motivasi belajar dan disiplin. Sedangkan faktor eksternal diantaranya lingkungan belajar dan kondisi ekonomi orang tua. Permasalahan penelitian ini yaitu 1).Bagaimana keadaan motivasi belajar, disiplin, lingkungan belajar dan kondisi ekonomi orang tua siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang tahun ajaran 2007/2008? 2).Bagaimana pengaruh motivasi belajar, disiplin, lingkungan belajar dan kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang tahun ajaran 2007/2008? Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 67 siswa. Sampel penelitian ini sama dengan populasinya. Variabel penelitian ini yaitu motivasi belajar, disiplin, lingkungan belajar dan kondisi ekonomi orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1).Keadaan motivasi belajar, disiplin, lingkungan belajar dan kondisi ekonomi orang tua pada siswa kelas XI AP1 dan XI AP2 termasuk dalam kategori sedang. 2).Hasil analisis jalur, lingkungan belajar dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar baik secara langsung maupun tidak langsung, pengaruh langsung lingkungan belajar sebesar 13,76% dan pengaruh langsung kondisi ekonomi orang tua sebesar 27,87%, sedangkan pengaruh tidak langsung untuk lingkungan belajar dan kondisi ekonomi sebesar 8,17%.3).Lingkungan belajar, kondisi ekonomi orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar belajar baik secara langsung maupun tidak langsung, pengaruh langsung untuk lingkungan belajar sebesar 4,04% dan kondisi ekonomi orang tua sebesar 9,79%, sedangkan untuk pengaruh tidak langsung (melalui motivasi belajar) untuk lingkungan belajar sebesar 17,88% dan kondisi ekonomi orang tua sebesar 25,44%. Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 23,23%.4).Disiplin berpengaruh terhadap prestasi belajar secara langsung, yaitu sebesar 17,30%.5).Tidak ada perbedaan motivasi belajar, disiplin, lingkungan belajar, kondisi ekonomi orang tua dan prestasi belajar secara signifikan antara siswa kelas XI AP1 dan XI AP2.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Disiplin, Lingkungan Belajar, Kondisi Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Mar 2011 07:05 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 03:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/201 |
Actions (login required)
View Item |