PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS V SDN GIRIREJO 01 KABUPATEN MAGELANG
RAHMA HUDA PUTRANTO, 1401410099 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS V SDN GIRIREJO 01 KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS V SDN GIRIREJO 01 KABUPATEN MAGELANG)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Girirejo 01 belum optimal. Hal ini ditunjukkan dari: (1) keterampilan guru rendah; (2) aktivitas siswa rendah; (3) siswa belum mampu mengungkapkan informasi dan mengembangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Hal ini berdampak pada rendahnya nilai bahasa Indonesia semester I tahun ajaran 2013/ 2014, dengan persentase ketuntasan belajar siswa hanya 20% dengan rata-rata kelas 59. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode think talk write dengan media video dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan kelas V SDN Girirejo 01 Kabupaten Magelang menggunakan metode think talk write dengan media video. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Girirejo 01 Kabupaten Magelang melalui penerapan metode think talk write dengan media video. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Girirejo 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan metode think talk write dengan media video meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan siswa kelas V SDN Girirejo 01. Terbukti dengan peningkatan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 22, siklus II memperoleh skor 29, dan siklus III memperoleh skor 39. Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 25,08 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 28,12 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 31,04 dengan kriteria sangat baik. Keterampilan menulis siswa pada siklus I memperoleh rerata skor 65,8, siklus II memperoleh rerata skor 76,4 dan siklus III memperoleh rerata skor 80,6 dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal nilai hasil keterampilan menulis laporan pengamatan pada siklus I persentase 48%, siklus II persentase 76% dan siklus III persentase 92%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode think talk write dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis laporan pengamatan siswa kelas V SDN Girirejo 01. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru merencanakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, laporan pengamatan, think talk write, video |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jun 2014 11:58 |
Last Modified: | 11 Jun 2014 11:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20099 |
Actions (login required)
View Item |