PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 03 SEMARANG

WAHYU PITALOKA DWI LESTARI, 1401410135 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 03 SEMARANG) - Published Version
Download (9Mb)

    Abstract

    Mata pelajaran IPS bertujuan untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan Negara. Dari refleksi yang telah dilakukan, kondisi siswa kelas VA saat pembelajaran IPS belum optimal, guru belum menggunakan model dan media pembelajaran yang variatif, siswa belum aktif berpartisipasi selama proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Nilai terendah adalah 20 dan nilai tertinggi 80, dengan rata-rata kelas 55,2. Siswa yang tuntas KKM sebanyak 37,5% dan siswa tidak tuntas sebanyak 62,5%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VA diterapkan pembelajaran model think pair share dengan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model think pair share dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VA SDN Wonosari 03 Semarang? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VA SDN Wonosari 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Wonosari 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 31 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III memperoleh skor 33 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,5 kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 21 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 23,8 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65% , meningkat pada siklus II menjadi 75%, dan semakin meningkat pada siklus III menjadi 88,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model think pair share dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model think pair share dengan media audio visual.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Think Pair Share, Audio Visual, IPS
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 Jun 2014 07:42
    Last Modified: 11 Jun 2014 07:54

    Actions (login required)

    View Item