PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLIPCHART PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 SEMARANG

TRI KEN UTAMI, 1401410171 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLIPCHART PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLIPCHART PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 03 SEMARANG) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi di kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa tentang menulis deskripsi yang belum optimal. Guru kurang optimal dalam menggunakan keterampilan mengajar sehingga ber-dampak pada rendahnya aktivitas siswa. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sedikitnya per-bendaharaan kata yang dimiliki siswa, juga ikut menjadi penyebab munculnya permasalahan tersebut. Hal tersebut berdampak pada rendahnya keterampilan menulis deskripsi berbahasa Jawa pada siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya perbaikan dengan menggunakan model Concept Sentence berbantuan Flipchart. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah dengan model Concept Sentence berbantuan Flipchart dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran menulis deskripsi berbahasa Jawa pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang?; (2) apakah dengan model Concept Sentence berbantuan Flipchart dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi berbahasa Jawa pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang?; (3) Apakah dengan model Concept Sentence berbantuan Flipchart dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi berbahasa Jawa pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan keterampilan menulis deskripsi berbahasa Jawa siswa melalui model concept sentence berbantuan Flipchart. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, masing-masing siklus satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 43 siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus 1 mendapatkan rata-rata skor 2,5 dengan kategori baik, siklus 2 mendapat rata-rata skor 3 dengan kategori baik, dan siklus 3 mendapat rata-rata skor 3,6 dengan kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Siklus 1 aktivitas siswa mendapat skor 15,4 dengan kategori cukup, siklus 2 mendapatkan skor 22 dengan kategori baik, dan siklus 3 mendapatkan skor 24,4 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan keterampilan menulis deskripsi berbahasa Jawa siswa pada data awal adalah 37%, sedangkan siklus I mengalami peningkatan yaitu 58%, siklus 2 meningkat menjadi 67%, dan siklus 3 menjadi 77%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Concept Sentence berbantuan Flipchart dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi berbahasa Jawa siswa kelas IVB SDN Wonosari 03. Model ini sangat tepat digunakan dalam pembelajaran pembentukan konsep bagi siswa, sehingga diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran lainnya terkait dengan hal tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis deskripsi, Concept Sentence, Flipchart
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 Jun 2014 07:38
    Last Modified: 11 Jun 2014 07:38

    Actions (login required)

    View Item