PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI THE POWER OF TWO BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG

VIARIKA NUR AIRIN, 1401410190 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI THE POWER OF TWO BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI THE POWER OF TWO BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    IPS merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat. Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya pembelajaran IPS yang belum optimal di kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang dikarenakan kurangnya variasi pemanfaatan media dan metode pembelajaran dari guru sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil studi dokumentasi arsip nilai semester satu (2013/2014), hanya 10 dari 28 siswa yang mencapai KKM (sebanyak 35,71 % siswa mengalami ketuntasan). Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan the power of two berbantuan powerpoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah melalui the power of two berbantuan powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui The Power of Two berbantuan Powerpoint. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (evaluasi) dan teknik non tes (observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan). Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 25 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 29 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 37 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 23,71 dengan kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 28,78 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 33,03 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan klasikal 67,85%, siklus II sebesar 78,75 dengan ketuntasan klasikal 78,57%, dan siklus III mendapatkan rata-rata sebesar 90,12 dengan ketuntasan klasikal 96,15%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui the power of two berbantuan powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang dalam pembelajaran IPS. Adapun saran yang diberikan adalah guru harus lebih inovatif dalam menggunakan metode dan media dalam pembelajaran. Perlu adanya peningkatan kualitas dari siswa, guru, dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, The Power of Two, Powerpoint.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 Jun 2014 06:54
    Last Modified: 11 Jun 2014 06:54

    Actions (login required)

    View Item