PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KELAS VA SD LAB SCHOOL UNNES

IFA IKLASSIYAH, 1401410192 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KELAS VA SD LAB SCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KELAS VA SD LAB SCHOOL UNNES) - Published Version
Download (20Mb)

    Abstract

    Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu bidang kajian yang mengemban misi nasional untuk mencerdaskan bangsa Indonesia melalui pendidikan berbasis moral.Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan, diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn yang berlangsung peran guru sebagai fasilitator kurang optimal, minat siswa terhadap mata pelajaran PKn rendah, dan pemanfaatan media kurang optimal.Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah yaitu 17 dari 26 siswa belum mencapai KKM. Memperhatikan beberapa kendala tersebut, peneliti ingin memperbaiki kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus belajar yang terdiri atas tahap pembangkitan minat, eksplorasi, penjelasan, elaborasi, dan evaluasi.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model siklus belajar berbantuan media video pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada kelas VA SD Lab School Unnes.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model siklus belajar berbantuan media video pembelajaran pada kelas VA SD Lab School Unnes. Rancangan penelitian initerdiri dari 3 siklus dengan setiap siklus 1 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VASD Lab School Unnes. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 25kategori baik, siklus II diperoleh skor 31 kategori sangat baik, dan siklus III diperolehskor 34 kategori sangat baik. Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 26,8 kategori baik, siklus II diperoleh skor 29,5 kategori sangat baik, siklus III diperoleh skor 31,2 kategori sangat baik. Hasil belajar pada siklus I rata-rata 77,8 kategori cukup dengan ketuntasan klasikal 73%, siklus II rata-rata 84 kategori baik dengan ketuntasan klasikal 84%, siklus III rata-rata 88,07 kategori baik dengan ketuntasan klasikal 88,46%. Disimpulkanbahwa melalui penerapan model siklus belajar berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas VA SD Lab School Unnes.Hendaknya model siklus belajar berbantuan media video pembelajaran dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn,Model Siklus Belajar, Video Pembelajaran.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 Jun 2014 06:49
    Last Modified: 11 Jun 2014 06:49

    Actions (login required)

    View Item