PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG


MUIN ARIFAH, 1401410203 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi yang dilakukan guru ditemukan permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran IPS dari keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 34,3%. Rumusan masalah yaitu apakah strategi team quiz dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiga siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 35 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa, guru, data dokumen, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data melalui nontes dan tes. Siklus I hasil observasi keterampilan guru memperoleh skor 17 persentase 47,2% kriteria cukup. Skor siklus II 23 persentase 63,8% kriteria tinggi. Skor siklus III 28 persentase 77,8% kriteria sangat tinggi. Aktivitas siswa meningkat setiap siklus. Siklus I memperoleh skor 616 (62,9%) kriteria tinggi. Skor siklus II 644 (65,7%) kriteria tinggi, dan skor siklus III meningkat menjadi 711 (72,6%) kriteria tinggi. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan belajar klasikal 62,9%, siklus II 77,1%, dan siklus III 88,6%. Pada ranah afektif siklus I memperoleh skor 99 (70,1%) kriteria baik. Skor siklus II 101 (72,1%) kriteria baik. Skor siklus III 108 (77,1%) kriteria sangat baik. Ranah psikomotor siklus I memperoleh skor 284 (90,1%) kriteria sangat baik. Skor siklus II 303 (96,2%) kriteria sangat baik. Skor siklus III 306 (96,8%) kriteria sangat baik. Simpulan penelitian adalah pembelajaran IPS melalui strategi team quiz dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang. Saran peneliti, guru dapat menerapkan strategi team quiz dengan media video untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, strategi team quiz, media video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2014 10:40
Last Modified: 11 Jun 2014 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20093

Actions (login required)

View Item View Item