UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE KEGIATAN KELOMPOK DAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014
Dimas Sulistiyanto, 1301409057 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE KEGIATAN KELOMPOK DAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE KEGIATAN KELOMPOK DAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi antarpribadi merupakan hal yang penting bagi kebahagiaan hidup manusia. Fenomena yang terjadi di kelas VIII F SMP Negeri 5 Semarang menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi siswa belum berjalan dengan baik. Rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah komunikasi antarpribadi dapat ditingkatkan melalui layanan peguasaan konten dengan metode kegiatan kelompok dan diskusi kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meneliti peningkatkan komunikasi antarpribadi melalui layanan penguasaan konten dengan metode kegiatan kelompok dan diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII F SMP Negeri 5 Semarang yang berjumlah 23 siswa dengan teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Alat pengumpulan data menggunakan skala komunikasi antarpribadi yang telah diujicobakan dengan menggunakan validitas construct dengan rumus product moment dan reabilitas instrumen dengan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon matched pairs. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan tingkat komunikasi antarpribadi siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori sedang (57%). Hal itu dapat ditunjukan dengan sikap siswa yang cenderung diam ketika diberi kesempatan untuk bertanya atau menyampaikan pendapat, siswa ramai dan tidak mendengarkan penyampaian materi, siswa tidak mengerti pesan yang disampaikan guru, dan tidak menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Dalam proses penelitian, siswa mampu mengikuti layanan penguasaan konten dengan baik. Setelah diberi perlakuan, tingkat komunikasi antarpribadi siswa berada pada kategori tinggi (80%). Hal itu dapat dilihat dari sikap siswa yang mulai berani bertanya dan mengemukakan pendapat, bersikap tenang dan tertib selama proses pemberian layanan, mau mendengarkan temannya yang sedang menyampaikan pendapat di depan kelas, mengerti pesan yang disampaikan guru, dan segera menjawab pertanyaan serta mengikuti perintah yang diberikan guru. Hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa nilai Zhitung=0 < Ztabel=73. Dengan demikian, komunikasi antarpribadi siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan metode kegiatan kelompok dan diskusi kelompok
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi antarpribadi; layanan penguasaan konten; kegiatan kelompok; diskusi kelompok |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 13:12 |
Last Modified: | 10 Jun 2014 13:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20087 |
Actions (login required)
View Item |