FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014


Nur Fauziyatun N., 1301409060 (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 22 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu penentu keberhasilan siswa dalam belajar adalah motivasi. Motivasi dapat menentukan baik tidaknya dalam mencapai tujuan sehingga semakin rendah motivasinya semakin sulit untuk mencapai keberhasilan belajar. Berdasarkan wawancara yang ditunjang dengan legger siswa diperoleh bahwa siswa kelas IX mengalami permasalahan motivasi belajar. Permasalahan yang muncul berdasarkan fenomena di sekolah dalam penelitian ini adalah sebanyak 45% siswa kelas IX mendapat nilai mata pelajaran di bawah KKM dan ditunjang dengan wawancara dengan guru BK dan guru mata pelajaran yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi siswa untuk belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2012/2013 yang naik kelas IX SMP Negeri 22 Semarang tahun ajaran 2013/2014 yang mempunyai nilai mata pelajaran di bawah KKM di kelas VIII semester I dan semester II dengan jumlah 127 siswa. Subjek sampel berjumlah 97 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampel acak sederhana, karena populasi bersifat homogen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator melatarbelakangi rendahnya motivasi belajar siswa. Faktor yang menjadi pengaruh paling besar pada rendahnya motivasi belajar siswa adalah kondisi keluarga yaitu kondisi pekerjaan orangtua sebanyak 40% buruh dan 40% wiraswasta/pedagang, 6% pegawai swasta, 2% PNS dan 12% lainnya. Dan hubungan kedekatan orangtua dan anak pada hasil penelitian 57% yang menunjukkan bahwa hubungan kedekatan orangtua pada kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu faktor yang melatarbelakangi rendahnya motivasi belajar yaitu kondisi kesehatan fisik dan mental, rasa percaya diri, konsentrasi, kondisi keluarga dan hubungan teman sebaya. Sedangkan faktor yang dominan yaitu minat untuk belajar dan komitmen pada tugas. Oleh karena itu diharapkan guru pembimbing dapat memberikan penanganan bagi siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan dapat melakukan pencegahan melalui bekerja sama dengan kepala sekolah, guru dan orangtua siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jun 2014 13:08
Last Modified: 10 Jun 2014 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20086

Actions (login required)

View Item View Item