PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF DI KELAS IV SD NEGERI KARANGAYU 02 SEMARANG
Fasih Dwi Yuani, 1401409012 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF DI KELAS IV SD NEGERI KARANGAYU 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF DI KELAS IV SD NEGERI KARANGAYU 02 SEMARANG)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal kelas IV SD Negeri Karangayu 02 Semarang,ditemukan masalah pada pembelajaran matematika yaitu model pembelajaran berpusat pada guru, guru jarang menyampaikan materi menggunakan situasi nyata (contextual problem). Guru menekankan pada latihan dan penghafalan rumus, sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa. Data yang diperoleh menunjukkan sebanyak 20 dari 36 siswa berada di bawah KKM. Persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 44,44%. Berdasarkan kendala tersebut, peneliti menggunakan Pendidikan Matematika Realistikberbantuan media manipulatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Pendekatan PMRI memberikan kesempatan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka tentang konsep matematika melalui dunia nyata, sedangkan media manipulatif dapat membantu siswa untuk membangun konsep matematika dengan memanipulasi media.Rumusan permasalahan umum penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Karangayu 02?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik berbantuan media Manipulatif di kelas IV SD Negeri Karangayu 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karangayu 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I adalah 33,5 dengan kategori baik. Sedangkan skor pada siklus II meningkat menjadi 42, dengan kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I adalah 18,5 dengan kategori cukup. Sedangkan skor pada siklus II menjadi 23,95 dengan kategori baik; (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswapada siklus I adalah 65,35%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87% dengan KKM > 62. Simpulan penelitian ini adalah melalui PMRI berbantuan media Manipulatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Karangayu 02 Semarang. Saran dari peneliti yaitu permasalahan realistik yang diajukan kepada siswa hendaknya yang bisa dibayangkan oleh siswa dan media manipulatif yang digunakan hendaknya dibuat sesuai dengan jumlah siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, pendekatan PMRI, media manipulatif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 13:03 |
Last Modified: | 10 Jun 2014 13:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20085 |
Actions (login required)
View Item |