PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMIK PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG


WIJAYA LAYLA PUTRI, 1401409172 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMIK PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMIK PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMIK PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang, permasalahan dalam pembelajaran matematika yang ditemukan adalah guru belum menerapkan pembelajaran yang inovatif, kurangnya penggunaan media pembelajaran, siswa kurang aktif selama pembelajaran, dan hasil belajar rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah Problem Based Learning menggunakan komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang? Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 24 meningkat pada siklus II dengan skor 34, (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 20,65 meningkat menjadi 26,7 pada siklus II, (3) iklim pembelajaran pada siklus I mendapat skor 9,5 meningkat menjadi 15,5 pada siklus II, (4) kualitas materi pembelajaran mendapat skor 4,5 meningkat menjadi 7,5 pada siklus II, (5) kualitas media pembelajaran pada siklus I mendapat skor 14,5 meningkat menjadi 19,5 pada siklus II, dan (6) hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 37,84% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,78%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui Problem Based Learning menggunakan komik kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang mengalami peningkatan. Peningkatan kualitas pembelajaran tersebut meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, kualitas materi pembelajaran, dan kualitas media pembelajaran dalam pembelajaran matematika. Saran untuk peneliti selanjutnya dalam melaksanakan Problem Based Learning menggunakan komik ialah dapat mengembangkan komik untuk materi pelajaran matematika yang lain, misalnya geometri dan pengukuran atau pengolahan data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, Problem Based Learning, komik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jun 2014 12:59
Last Modified: 10 Jun 2014 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20084

Actions (login required)

View Item View Item