PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SD TAWANG MAS 01 KOTA SEMARANG


Yukhana Fitriana, 1401409185 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SD TAWANG MAS 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SD TAWANG MAS 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SD TAWANG MAS 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SD Tawang Mas 01 Semarang belum optimal, karena cara mengajar guru yang masih menggunakan metode yang konvensional dan penggunaan media pembelajaran yang belum terlaksana akibatnya kualitas pembelajaran PKn rendah. Sedangkan tujuan pembelajarn PKn adalah ( 1) mampu berpikir kritis, rasional dalam menanggapi isu kewarganegaraan, ( 2 ) berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara, ( 3 ) berkembang secara politik dan demokrasi untuk membentuk diri berdasarkan karakter bangsa indonesia , Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah melalui model kooperatif tipe STAD dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe STAD dengan multimedia pada siswa kelas IVB SD Tawang Mas 01 Metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan 3 siklus. Setiap siklus 4 tahapan yaitu, perencanaan, plaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Penelitian dilakukan di kelas IV SD Tawang Mas 01 Semarang, dengan jumlah siswa 37. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Pengambilan data menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan guru menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model kooperatif tipe STAD dengan multimedia pada siswa SD Tawang Mas 01 pada siklus I keterampilan guru kategori baik dengan skor 24, pada siklus II dengan skor 29 dalam kategori sangat baik, siklus III keterampilan guru dengan skor 37 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 19,56 kategori cukup, siklus II mendapatkan skor 23,45 kategori baik dan pada siklus III dengan skor 29.94 dalam kategori sangat baik.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ,siklus I hasil belajar siswa sebesar 54%. Pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 75% dan pada siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan skor 91%. Sesuai data yang dipaparkan , dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperatif tipe STAD dengan multimedia maka kualitas pembelajaran PKn meningkat. Peneliti memberi saran hendaknya guru melakukan inovasi pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model-model pembelajaran yang inovatif, sekolah menyediakan sumber dan media belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, Model Kooperatif Tipe STAD, Multimedia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jun 2014 12:45
Last Modified: 10 Jun 2014 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item