PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER BERBANTUAN CD INTERAKTIF DI KELAS IV SD TAMBAKAJI 01 SEMARANG

Devi Puspitarini, 1401409215 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER BERBANTUAN CD INTERAKTIF DI KELAS IV SD TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER BERBANTUAN CD INTERAKTIF DI KELAS IV SD TAMBAKAJI 01 SEMARANG) - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Berdasarkan pengalaman peneliti selama PPL di SD Tambakaji 01 Semarang ditemukan berbagai masalah pada pembelajaran matematika kelas IVB yaitu guru belum melakukan penanaman konsep dengan menggunakan benda-benda konkret,gambar-gambar yang mewakili suatu benda kepada siswa, guru langsung mengajarkan siswa ke tahap simbolisasi, terdapat beberapa fasilitas seperti komputer di sekolah tetapi tidak dimanfaatkan untuk media pada saat pembelajaran, sumber belajar atau media tidak dapat interaktif dengan siswa. Hal tersebut berdampak buruk pada hasil belajar domain kognitif siswa. Sebanyak 20 siswa dari 37 (58,4%) siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 60. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka diadakan perbaikan dengan menerapkan teori Bruner berbantuan CD Interaktif. Rumusan masalah secara umum adalah Apakah penerapan teori Bruner berbantuan media CD Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika di kelas IVB SDN Tambakaji 01?. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SD Tambakaji 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan teori Bruner berbantuan CD Interaktif dapat diketahui bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar ranah kognitif siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru meningkat secara berturut-turut setiap siklusnya dengan rata-rata 35, 38,5. Aktivitas siswa meningkat secara berturut-turut setiap siklusnya dengan rata-rata 20,5, 34,3. Hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat secara berturut-turut setiap siklusnya dengan ketuntasan klasikalnya pada akhir siklus adalah 75,7%, 86,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan teori Bruner berbantuan CD Interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sehingga kualitas pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar meningkat. Saran dalam menerapkan teori Bruner berbantuan CD Interaktif pada pembelajaran yaitu guru sebaiknya dalam pembelajaran menanamkan konsep dengan benda-benda konkret serta menggunakan media yang dapat interaktif dengan siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Penerapan teori Bruner, CD Interaktif
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 10 Jun 2014 08:41
    Last Modified: 10 Jun 2014 08:41

    Actions (login required)

    View Item