PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF KELAS IVC SDN NGALIYAN 01 SEMARANG
Rini Astuti, 1401409229 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF KELAS IVC SDN NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF KELAS IVC SDN NGALIYAN 01 SEMARANG)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal kelas IVC SDN Ngaliyan 01 Semarang ditemukan masalah siswa malu bertanya dan mengajukan pendapat; penggunaan media jarang digunakan; serta belum menerapkan pembelajaran aktif. Sehingga tidak ada interaksi antar siswa akibatnya sebanyak 52,8% atau 19 dari 36 siswa mengalami ketidaktuntasan belajar pada pembelajaran matematika. Untuk mengatasinya, diterapkan pembelajaran dengan strategi everyone is a teacher here berbantuan media interaktif dengan rumusan masalah “bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas IVC SDN Ngaliyan 01 Semarang?” dengan variabel: (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) iklim pembelajaran, (4) kualitas materi, (5) kualitas media, dan (6) hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IVC SDN Ngaliyan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan strategi everyone is a teacher here berbantuan media interaktif menunjukkan bahwa indikator kualitas pembelajaran antara lain: (1) keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 25,5 (B) meningkat menjadi 31 (A); (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 10,16 (B) menjadi 14,67 (A); (3) iklim pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor 17 meningkat sebesar 1,5 menjadi 18,5; (4) kualitas materi yang tadinya mendapat skor 16,5 meningkat menjadi 19 dengan kategori A; (5) kualitas media mendapat kenaikan skor 2, pada siklus I mendapatkan skor 10 kemudian di siklus II mendapatkan skor 12 dengan kategori A; selain kelima indikator tersebut, (6) ketuntasan klasikal dari hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus sebesar 52,8% di siklus I meningkat menjadi 70,5% dan di siklus II menjadi 86%. Indikator keberhasilan ditunjukkan dengan skor pada indikator yang telah disebutkan sekurang-kurangnya baik, serta 80% siswa mengalami ketuntasan belajar individual dengan nilai minimal 62. Ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan telah terpenuhi sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulannya, penelitian ini adalah melalui strategi everyone is a teacher here berbantuan media interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas IVC SDN Ngaliyan 01 Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pebelajaran, everyone is a teacher here, media interaktif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 12:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2014 12:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20081 |
Actions (login required)
View Item |