PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN PATEMON 01 SEMARANG

ISTIQOMAH ARYANINGSIH, 1401409351 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN PATEMON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN PATEMON 01 SEMARANG) - Published Version
Download (2116Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SDN Patemon 01 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas V. Siswa merasa cepat bosan, meskipun guru telah mampu menguasai materi dengan baik. Selain itu siswa juga merasa kurang bersemangat dalam pembelajaran meski guru telah membuat pembelajaran yang cukup menarik bagi siswa, pemahaman siswa terhadap materi menulis laporan pengamatan rendah. tingkat keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran tersebut juga rendah, serta ketuntasan hasil belajar klasikal hanya mencapai 40,47%. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas tersebut peneliti menerapkan metode sugesti-imajinasi menggunakan gambar seri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah metode sugesti-imajinasi menggunakan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, keterampilan menulis laporan pengamatan siswa kelas V SDN Patemon 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui penerapan metode sugesti-imajinasi menggunakan gambar seri yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan tatap muka serta terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanakan, pengamantan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Patemon 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Keterampilan guru memperoleh skor 29 kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 37 dan kategori sangat baik pada siklus II (2) Aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 31,95 kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 39,61 kategori sangat baik (3) keterampilan menulis siswa siklus I mendapatkan skor 15,02 kategori baik dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 18,2 kategori sangat baik, ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 76,19 % meningkat pada siklus II menjadi 85,72 %. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode sugesti-imainasi menggunakan gambar seri dapat meningkatkan ketrampilan menulis siswa meliputi aktivitas siswa dan keterampilan menulis laporan pengamatan siswa. Hendaknya metode sugesti-imaijinasi menggunakan gambar seri diterapkan dan dikembangkan karena dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan keterampilan menulis siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis , Laporan Pengamatan, Metode Sugesti-Imajinasi,Gambar Seri
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 10 Jun 2014 08:28
    Last Modified: 10 Jun 2014 08:28

    Actions (login required)

    View Item