PENERAPAN MODEL TERPADU PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG


TEDI HARTONO, 1401410028 (2014) PENERAPAN MODEL TERPADU PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL TERPADU PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL TERPADU PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD membekali siswa dengan pengetahuan, nilai dan sikap serta keterampilan dalam kehidupan siswa di masyarakat, bangsa dan negara. Berdasarkan observasi peneliti pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014, menunjukan bahwa pembelajaran IPS masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh guru terlalu dominan menggunakan ceramah, keterampilan mengajar guru belum optimal, siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal 20 dari 29 siswa belum mencapai KKM. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model terpadu Problem Based Learning dan Numbered Heads Together dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan masing-masing 1 pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN Sekaran 02 Semarang. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2013/2014. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 24 kriteria baik, siklus II diperoleh skor 29 kriteria baik, siklus III skor 38 kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I 20,77 kriteria baik, siklus II 24,55 kriteria baik, siklus III skor 29,59 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siklus I sebesar 65,19 ketuntasan klasikal 65,38%, siklus II sebesar 68,79 ketuntasan klasikal 79,31%, siklus III sebesar 74,26 ketuntasan klasikal 88,89%. Presentase hasil belajar afektif siklus I 72,76%. Siklus II 91,04%, siklus III 94,96%. Presentase hasil blajar psikomotor siklus I 51,5%, siklus II 67,14%, siklus III 84,88%. Simpulan hasil penelitian yakni penerapan model terpadu Problem Based Learning dan Numbered Heads Together dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peneliti mengharapkan perpaduan model Problem Based Learning dan Numbered Heads Together dengan media audio visual dapat diterapkan pada setiap mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, Media audio visual, Model PBL dan NHT.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jun 2014 11:27
Last Modified: 10 Jun 2014 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item View Item